Headlight Aneh Honda New Tiger


tigrBelum hilang kekagetan publik atas fisik Honda CS-1 yang aneh kini AHM meluncurkan lagi New Honda Tiger Revolution Cruiser 2008 yang lagi-lagi menjadi ‘buah bibir’ di kalangan bikers.

Sebagai orang desain saya tidak akan membahas masalah performa mesin dan kecanggihan fitur-fitur yang ada di motor ini .Saya akan mencoba membahasnya dari sisi desain produknya saja.Apalagi karena sesungguhnya tidak ada perubahan mendasar Tiger ini dengan versi sebelumnya alias cuma ‘ganti baju doang’.Gak percaya?Ini kata orang dalam AHM sendiri lho.

“Hanya akan terjadi penyempurnaan fisik dari Tiger terdahulu,” kata sumber tersebut ketika dihubungi detikoto (2/11/2008). Dengan begitu berarti Dia secara tidak langsung menepis rumor yang terlanjur berkembang, bahwa yang akan hadir nanti adalah Tiger versi 250 cc.

Sumber tersebut, memang tidak dapat memberikan spesifikasi rinci mengenai Tiger baru itu. “Itu rahasia perusahaan, tunggu saja peluncurannya rabu besok. Namun yang jelas, tidak akan ada perubahan yang revolusioner terhadap Tiger baru tersebut. Hanya akan ‘ganti baju‘ saja.” ( Sumber Detikoto.com)

Headlight

Tidak bisa dipungkiri,perubahan yang paling mencolok adalah headlight (lampu depan) yang didesain asimetris.Bagi sebagian orang (termasuk saya) desain lampu depan Tiger baru sangat progresif dan berani dan KONON mengikuti tren motor gede di eropa sana.Tapi bagi sebagian orang lain bentuk lampu depan Tiger baru tampak aneh.Ada yang bilang lampu depan Tiger baru seperti orang yang punya mata besar sebelah atau seperti orang yang sebelah matanya lagi bintitan.

184643pKalau menurut saya sih akan jauh lebih baik lagi kalau desain headlights New Tiger tetap simetris dengan double headlights.Kalau mau bunder ya dua-duanya bunder atau kalau mau terlihat lebih garang dan futuristik bisa dua-duanya mengambil model yang lebih bersudut.

Shroud

Shroud adalah kuping atau bagian yang mirip sayap ayam di depan tangki.Desain yang baru terlihat lebih terintegrasi dan dinamis dibanding yang lama.Mungkin terpengaruh dengan bentuk batok kepala yang memang juga ikut membesar karena adanya dua mata yang gede sebelah itu.

Untuk desain bagian lainnya seperti Spedometer,rear grip dan mufler cover tidak begitu banyak perubahan mencolok.

Backlight

Satu yang paling saya suka adalah back light New Tiger yang sudah memakai LED.Terlihat lebih modern dan tidak cupu.

scan0006

gambar beberapa fitur utama dengan desain baru pada New Tiger


Dengan dimensi yang terlihat lebih panjang dan lebih besar,secara umum harus diakui Tiger baru ini lebih gagah dari pendahulunya.Hanya masalah headlights yang masih tergolong aneh untuk pasar Indonesia dan memerlukan waktu bagi mata orang Indonesia dengan bentuk lampunya yang sipit sebelah.

Di luar bentuk dan desain baju yang berubah,banyak kalangan mengatakan New Tiger Revolution Cruiser 2008 ini tidak banyak menawarkan perubahan yang berarti untuk sebuah motor yang dibanderol 24 Juta rupiah.Masih 200 CC,speedometer masih analog dan masih belum memasang monoshock di suspensi belakang.

Kita lihat saja apakah New Tiger Revolution Cruiser 2008 akan sukses di pasaran dengan jurus ‘ganti baju’nya ataukah terseok-seok penjualannya seperti saudaranya yang berdesain aneh,si CS-1.

2 Tanggapan

  1. Memang aneh..

  2. iyaa. ya.., mestinya dibuat berimbang, ki-ka headlight-nya dibuat sama. akan nampak lebih stylist..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: