JobsDB Career Expo 2008 : Iseng-iseng berhadiah


dsc00751Minggu,09 November 2008 kemarin saya menghadiri JobsDB career Expo 2008 di Balai Kartini.Iklannya yang provokatif di TV rupanya berhasil menarik rasa penasaran saya.Belum lagi dengan iming-iming hadiah 1500 hape gratis bagi pengunjung.

Karena bursa kerja JobsDB kali ini adalah bursa kerja yang pertama kali saya ikuti sejak bursa kerja di kampus Keputih (baca : BK ITS) di masa-masa fresh graduate dan “muda” dulu ada perasaan aneh dan agak kagok.Kagok karena sudah lama tidak mengikuti bursa semacam ini dan aneh karena saat ini saya merasa ‘”tuwek” (baca : experienced)……..*grin.
Yah,iseng-iseng berhadiah lah.Sambil pengen tetap ‘update’ siapa tahu ada tawaran kerja yang menarik.Hadiah hape?ah itu gak penting.


Untuk mengikuti bursa kerja kali ini setiap peserta diharuskan membeli tiket seharga Rp. 25 ribu di beberapa merchant yang telah ditunjuk antara lain jaringan toko buku Gramedia dan Gunung Agung di wilayah Jakarta dan Bandung.Tiket box sebenarnya juga tersedia di lokasi pameran.Panitia rupanya cukup cerdik untuk menghindari penumpukan peserta pada jam-jam tertentu dengan membagi jam masuk bagi peserta yang tertera pada masing-masing tiket.

Saya sendiri baru membeli tiket pada sabtu malam di Gramedia Sunter Mall setelah sebelumnya sempat mencari di Gramedia Matraman dan ITC Cempaka Mas tapi ternyata sudah kehabisan.Saya mendapat bagian jam masuk pada pukul 14.00~16.00 WIB.

Sesampainya di lokasi acara di Balai Kartini ternyata ratusan peserta bursa kerja lainnya sudah berbaris dalam antrian panjang.Oh ya acara kali ini diadakan tidak bertempat di aula serba guna tapi di gedung expo yang berada di belakang (sebelah utara) aula Balai Kartini.

Peserta yang berada dalam antrian diharuskan mengisi form registrasi terlebih dahulu kemudian satu persatu melakukan registrasi online  dibantu oleh panitia.Untuk proses registrasi online ini peserta diharuskan membawa flash disk masing-masing yang berisi CV/resume.Setelah registrasi online peserta kemudian diarahkan ke bagian barcode dimana tiket masing-masing peserta akan ditempeli stiker barcode yang berisi data atau CV kita yang sudah online ke seluruh komputer di arena bursa kerja ini.Setelah masing-masing peserta mendapatkan barcode barulah masing-masing peserta boleh berburu lowongan yang dibuka oleh perusahaan peserta bursa kerja kali ini.

dsc00735

dsc007331

the crowded

Di dalam venue sendiri suasana tampak crowded dengan ribuan pengunjung bursa kerja yang hilir mudik kesana-kemari tak ubahnya seperti suasana pasar malam.Pengunjung pun bervariasi,mulai dari yang berdasi hingga yang memakai kaos oblong.Dari yang tampak berpengalaman dan setled hingga yang bertampang culun khas fresh graduate.Untuk mereka-mereka yang fresh graduate dan minim pengalaman ini ada beberapa yang sedikit membuat saya agak betebeteah…betebeteah karena keculunannya atau kesotoyannya.

Misalnya saat mengantri untuk mengajukan aplikasi di stand salah satu perusahaan elektronik di depan saya ada seorang pria yang tampaknya sedang kebingungan dan bertanya-tanya kepada saya.
Pria bingung : “Mas,masnya mau milih posisi apa?”
Saya : (dalam hati : wanttoknowdotcom aja lu) “posisi nomer 9 sama nomer 11 mas.
Pria bingung : “Hm,kalau saya enaknya pilih yang mana ya mas?”
Saya : (dalam hati : yaelah…mana gua tahu) “wah gak tahu mas,terserah masnya aja.
Pria bingung :”hm..kalau general affair itu apa sih maksudnya mas?”
Saya : (masih dalam hati : nanya apa ngetes nih orang?)”GA itu biasannya departemen yang suport untuk masalah-masalah umum misalnya berhubungan dengan pihak luar perusahaan kayak Depnaker,perizinan,surat menyurat,hubungan dengan masyarakat sekitar dan hal-hal umum lainnya lah mas.Biasanya sih GA juga in charge di pengadaan dan pemeliharaan fasilitas-fasilitas umum di perusahaan.Perizinan dan kelengkapan surat untuk ekspat biasanya juga under GA.
Pria bingung :”ekspat? apa itu mas?”
Saya : “(dalam hati lagi : waduh nanya sekali lagi dapat pring cantik nih orang) “ekspat itu orang asing …warga negara asing yang bekerja di sini….di Indonesia.
Pria bingung :”oh,…..terus enaknya saya ngambil yang mana ya mas?Hm,kalau misalnya administration staff saya cocok gak ya?kira-kira berat gak sih mas jadi administration staff?
Saya : (meringis sambil dan pura-pura sibuk baca brosur )”wah gak tahu mas.

Lepas dari si pria bingung tadi saya juga bertemu dengan orang yang agak aneh karena nada bicaranya agak membentak untuk ukuran orang yang minta tolong.

Pria aneh : (tanpa dosa)”Mas..mas tolong dong itu yang untuk posisi QC itu syaratnya apa aja?
Saya: (set,dikira gue penjaga stand kali ya?)”S1 atau D3 teknik mesin,pengalaman minimal 2 tahun dan Harus ngerti ISO 9001.
Pria aneh : “Masak sih?..syarat-syarat untuk yang itu tuh mas yang QC….QC …..QUALITY CONTROL” (agak tidak percaya,sedikit membentak dan kelihatan banget ingin memberi tahu saya bahwa QC itu kepanjangannya adalah Quality Control)
Saya: (yaelah mas,orang pabrikan kayak gue masih lo ajarin apa itu QC)”iya mas ..QC itu Quality Control.Mereka mintanya pengalaman harus lebih dari 2 tahun.Emang situ udah experienced berapa tahun?
Pria aneh : “Saya baru lulus sih mas.Tapi saya pernah kerja part time jadi sales-sales kartu kredit gitu.
Saya:”Oh….“(sambil ngeloyor pergi)

Yang saya suka dari pameran kali ini adalah sistem penerimaan lamaran atau aplikasi dari pelamar dengan menggunakan pemindaian barcode.Benar-benar paperless.Tinggal scan barcode anda dan CV/resume anda otomatis masuk dalam database perusahaan dan posisi yang anda inginkan.Selamat tinggal untuk era dimana kita harus membawa berlembar-lembar copy CV dan dokumen tetek bengek lainnya.

Adapun perusahaan-perusahaan yang mengikuti bursa kerja kali ini menurut sumber dari panitia berjumlah 160 perusahaan.Dari sekian banyak perusahaan yang ikut hanya sebagian kecil yang menarik perhatian saya.Diantaranya adalah beberapa top enterprise seperti HM. Sampoerna,Indonesia Power dan Djarum selain itu ada beberapa perusahaan kelas menengah mulai dari perusahaan seperti Philips,Coca-cola,Sinarmas (plantation) dan Trakindo.Selebihnya adalah beberapa perusahaan-perusahaan low end mulai dari perusahaan pembiayaan kredit,media elktronik TransTV,ANTV&JakTV,jaringan radio,hingga perusahaan sekuritas bahkan bakmi GM dan Circle-K pun ikut dalam bursa kerja kali ini.Tak ketinggalan perusahaan-perusahaan semacam Great Eastern yang menawarkan tiket cuma-cuma kepada pengunjung untuk mengikuti seminar.Seminar apa?yah anda tahu sendiri lah.Tidak jauh-jauh dari target dan bonus.

Khusus untuk TransTV dan ANTV menggelar audisi news presenter on the spot.Jadi bagi pengunjung yang ingin mencoba menjajal kemampuannya sebagai news presenter dan ingin menjadi penerus Chantal Della Concetta atau Tommy Cokro boleh lah mencoba ikut audisi ini.

dsc00742audisi presenter oleh TransTV

Menarik untuk dicermati adalah kehadiran Huawei yang pada september lalu baru saja melakukan rekruitmen dan walk in interview besar-besaran di Aula Balai Kartini kali ini juga ikut lagi.Apakah rekruitment yang kemarin belum berhasil ya?Wallahua’lam.
Kelly service,perusahaan yang baru saja mengeluarkan Indonesia sallary survey 2008 ini juga tampak membuka stand dalam bursa kerja kali ini.

Dalam bursa kerja kali ini juga ada stand dari satu operator outbound (saya lupa namanya).Yang jelas mereka menyediakan aksi flying fox bagi pengunjung yang berminat.Sepertinya gratis tapi saya tidak sempat mencobanya karena kaki sudah terlanjur capek jalan-jalan keliling arena pameran.

dsc00741wanna try?

Setelah sekitar dua jam berkeliling arena bursa kerja dan sempat memasukkan aplikasi di beberapa stand akhirnya saya keluar dan pulang.Tinggal menanti apakah hasil usaha ‘iseng-iseng berhadiah’ saya membuahkan hasil.

Penilaian saya atas Jobsdb career expo 2008 (skala 1 ~ 5)

Ticketing : 2
Parkir : 1.5 (parkir motor Balai Kartini sempit banget,kapasitas kurang dari 150 motor)
Venue : 2
Registrasi : 3
Sistem aplikasi : 4 (tinggal gesek)
Perusahaan peserta : 2 (saya kasih nilai lebih kalau ada perusahaan sekelas Unilever,Indofood,geng SLB,Total,Chevron,Halliburton,geng telko atau geng Astra otomotif seperti temin,aha-em,ade-em atau hape-em)

Satu Tanggapan

  1. Kami sewa komputer bandung senantiasa mendukung event event perusahaan dalam penyewaan lcd , infokus, projektor dll Kami domisili di Bandung dan tak menutup kemungkinan melayani Jakarta dan kota lainnya. Hadiri kami di http://jagonarental.com ada harga meriah untuk anda
    Yudi (Owner)

Tinggalkan Balasan

