Mudik 2008 : Jangan Takut Naik Kereta Ekonomi


Khusus bagi sampean-sampean yang ingin mudik ke Jawa Tengah atau Jawa Timur dan terbiasa menggunakan kereta api sebagai sarana transportasi menuju kampung halaman tetapi sampai saat ini tidak kebagian tiket KA kelas eksekutif dan bisnis dan belum tertarik menggunakan alternatif trasportasi lain misalnya pesawat yang harganya tentu tidak murah atau bus AKAP yang dibayang-bayangi oleh kemacetan panjang dan kerusakan jalan di pantura,tidak ada salahnya mencoba untuk menggunakan transportasi KA kelas ekonomi.

Tidak perlu minder naik KA ekonomi karena toh untuk KA-KA eksekutif dan bisnis pada saat arus mudik seperti ini pelayanannya akan kurang maksimal dan tidak setimpal dengan harga tiketnya yang selangit.Kalau saya boleh istilahkan di saat arus mudik lebaran seperti ini maka KA ekonomi adalah ‘best buy’ karena harga tiketnya yang terjangkau dengan waktu tempuh yang relatif cepat dibandingkan dengan bus.

Namanya juga kelas ekonomi maka fasilitas yang tersedia pun serba terbatas karena harga tiketnya pun murah meriah.Sebagai perbandingan,dengan harga 1 tiket KA eksekutif anda bisa mendapatkan 10~15 tiket KA ekonomi.Yang paling dibutuhkan dalam menggunakan jenis angkutan rakyat ini adalah kesiapan mental.Selama mental anda kuat dan bisa beradaptasi dengan keadaan yang terbatas maka perjalanan dengan KA ekonomi akan terasa jauh lebih menyenangkan.

Berikut ini tips dari saya bagi anda yang ingin ‘berpetualang’ dan merasakan sensasi kereta rakyat Indonesia di musim mudik lebaran kali ini:

  1. Berdoalah sebelum keluar rumah agar Tuhan memberi perlindungan selama perjalanan.
  2. Datanglah lebih awal di stasiun pemberangkatan.Karena jauh sebelum loket dibuka pasti sudah ada beberapa calon penumpang yang mengantri.Dengan datang lebih awal anda akan mendapatkan tiket terlebih dahulu dan berkesempatan untuk masuk kereta terlebih dahulu.
  3. Untuk musim lebaran seperti ini biasanya nomer tempat duduk di KA ekonomi akan ditiadakan.Sebagai contoh untuk pemberangkatan dari stasiun Pasar Senen,mulai tanggal 21 September samapi 10 Oktober 2008 untuk KA ekonomi ‘bebas tempat duduk’.Artinya tiket yang anda beli tidak ada nomer tempat duduknya sehingga disini berlaku hukum ‘siapa cepat dia dapat!’.Oleh karena itu semakin awal anda datang ke stasiun dan naik ke KA akan semakin baik.Lebih baik menunggu di atas kereta daripada bersantai-santai di ruang tunggu tapi akhirnya nanti tidak kebagian tempat duduk.
  4. Apabila anda membawa keluarga sebaiknya anda membeli karcis peron terlebih dahulu dan langsung naik ke atas kereta dahulu,mencari tempat duduk,baru kemudian salah satu dari rombongan keluarga membeli karcis di loket yang tersedia.Dengan demikian anda tidak perlu cemas tidak kebagian tempat duduk.
  5. Loh kalau disuruh naik kereta duluan lalu darimana kita tahu mana kereta yang akan kita gunakan ke tempat tujuan kita.Kan biasanya keretanya masih di langsiran dan belum masuk ke peron?Gampang,tanyakan saja kepada petugas di stasiun.Kalau petugasnya pelit ngasih informasi anda bisa cek langsung ke langsiran.Beberapa kereta memasang identitas berupa papan kecil yang dipasang di lambung kereta berisi nama kereta dan tujuannya tapi beberapa kereta tidak lagi memasang identitas ini.Untuk yang seperti ini anda bisa memperhatikan kode di lambung kereta dibagian tengah gerbong.Untuk diketahui,masing-masing gerbong kereta mempunyai semacam nomer seri atau kode khusus berisi tahun pembuatan dan asal kereta tersebut.Yang perlu diperhatikan adalah kode yang biasanya terdiri dari 2,3 atau 4 huruf misalnya kode SDT/SBI berarti itu adalah kereta Surabaya,ML kereta Malang,SMC kereta Semarang,YK kereta Yogyakarta atau PWT kereta Purwokerto dan sekitarnya.Tapi untuk lebih memastikan lagi jangan ragu bertanya,khususnya kepada petugas di stasiun.
  6. Kalau sudah mendapat tempat duduk,usahakan untuk tidak meninggalkan tempat duduk anda tanpa menitipkan kepada seseorang untuk menjaganya karena bisa-bisa kursi anda diembat orang.
  7. Jangan lupa untuk menyiapkan persediaan untuk perjalanan seperti air minum,snack,obat,atau kipas bagi anda yang sering gerah.Sebisa mungkin anda menyiapkan perbekalan tersebut dari rumah karena kalau harus membeli di stasiun atau di perjalanan maka harganya akan jauh lebih mahal.
  8. Selama kereta belum berangkat manfaatkan waktu untuk shalat atau ke kamar kecil terlebih dahulu karena apabila kereta sudah berangkat dan penuh dengan penumpang maka bisa dipastikan anda tidak akan bisa bergerak kemana-mana.Jangan harap anda bisa ke toilet di tengah perjalanan karena di musim mudik seperti ini jangan heran kalau toilet pun akan ditempati oleh penumpang yang tidak mendapat tempat duduk.Yah begitulah rakyat kelas bawah kita,sangat militan.Mereka tidak akan banyak merengek,bisa bertahan dalam keterbatasan dan sangat aktif bergerilya mencari tempat yang senyaman mungkin bagi mereka.Dimanapun ada tempat kosong barang beberapa cm2 saja akan mereka manfaatkan walaupun itu di toilet sekalipun.Tapi jangan khawatir bagi anda yang sudah menahan buang air biasanya sesampainya di stasiun Cirebon Prujakan biasanya kereta akan berhenti agak lama untuk memberi kesempatan penumpang untuk ke toilet dsb.Tapi masalahnya di musim arus mudik begini akan sulit bagi anda untuk keluar dari kereta karena penumpang yang membludak.
  9. Kalau lapar gimana?jangan khawatir kereta ekonomi sama saja dengan warung berjalan.Di dalam KA ekonomi banyak berkeliaran pedagang berbagai kebutuhan anda baik pedagang resmi dari restorasi maupun pedagang asongan.Dari nasi bungkus,popmie,kopi,softdrink bahkan bir pun dijual dengan terbuka.
  10. Soal pengamen dan pengemis?,Kalau soal yang satu ini biasanya sih sering saya cuekin.
  11. Bersikaplah sewajarnya dalam perjalanan.Jangan terkesan sombong dan jutek tapi jangan pula sok akrab dan mudah percaya dengan orang lain.
  12. Jangan membawa barang-barang berharga secara berlebihan apalagi menampakkanya di depan penumpang lain.Jangan sekonyong-konyong mengeluarkan laptop anda dan berlagak sibuk mengecek email atau menulis blog karena hal itu bisa menyebabkan kecemburuan ekonomi penumpang yang lain dan bisa mengundang niat jahat para penjahat.
  13. Awasilah barang bawaan anda termasuk dompet dan hp anda.Bagi ibu-ibu jangan sekali-kali meletakkan tas kecil berisi dompet di meja kecil di samping jendela karena kalau lagi apes bisa-bisa raib disambar orang.
  14. Ini mungkin terkesan klise.Jangan menerima pemberian minuman dalam botol,kemasan tetra pack atau buah-buahan karena sudah banyak kasus pembiusan terjadi dengan modus seperti diatas.Kecuali anda membelinya langsung dari pedagang.
  15. Bersikaplah sewajarnya saja.Tidak perlu paranoid dan tetap nikmati perjalanan anda.Syukur-syukur anda mendapat teman perjalanan yang menyenangkan.Tidak jarang perkenalan di kereta membuahkan persahabatan atau bahkan kisah percintaan.😆

Memang naik KA ekonomi memerlukan persiapan fisik dan mental yang lebih dari biasanya karena kita harus bisa beradaptasi dengan segala keterbatasan yang ada tapi hal itu tidak seharusnya membuat kita lupa untuk tetap santai dan enjoy the journey.Kalau sudah begitu maka saya jamin perjalanan anda pun akan semakin indah,murah dan meriah dan bukan tidak mungkin anda akan mendapat bonus pengalaman yang berkesan dalam hidup anda.

Hopefully,you’ll find the cheer of journey with kereta ekonomi.

Selamat mudik ke kampung halaman.😉

foto-foto milik : Mas Praminto Nugroho di Railpictures.net.

pic 1 : Karangkates (Blitar-Malang track)

pic 2 & 3 : Saradan (near Madiun)

3 Tanggapan

  1. pernah juga mudik naik KA ekonomi. hum,…kapok!!! Kurang persiapan juga kali ya, biasanya nyaman di kereta bisnis or eksekutif dengan barang2 yang biasa di bawa, eh malah dapet yang kelas ekonomi. Bener2 pengalaman yang tak terlupakan…hehe….

  2. sembari nunggu KA Progo di Senen, saya ucapkan terima kasih untuk tips-tipsnya…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: