Baju koruptor a la ICW


Stop talking about human rights.They deserves to wear that ‘special’ wardrobe.

Rencana KPK yang akan menyediakan baju khusus (dan borgol) bagi para tersangka dan terdakwa kasus koruptor mendapat sambutan yang hangat dari kalangan masyarakat.Selain itu KPK juga berencana membeberkan kronologi kasus korupsi kepada masyarakat luas lewat internet dan ‘mengirim’ para terpidana kasus korupsi ke Nusa Kambangan.

Dengan dikenakannya baju khusus tersebut KPK ingin menciptakan efek jera dan malu bagi para pelaku koruptor.Karena menurut penilaian KPK selama ini para pelaku kasus koruptor tetap tampil perlente di persidangan.

Contohnya adalah Arthalyta Suryani yang selalu datang ke persidangan dengan dandanan modis plus make up tebal begitu juga Jaksa Urip yang sudah berstatus tersangka tapi masih tampil necis dengan memakai baju safari.Seakan-akan mereka sudah tidak punya rasa malu atas apa yang telah diperbuatnya.Memakan duit negara (rakyat) demi kepentingan perutnya sendiri.

Ngomong-ngomong soal hilangnya rasa malu atas para tersangka koruptor ini saya jadi ingat hadist Rasulullah berikut ini ;

“Sesungguhnya apabila Allah ingin membinasakan seseorang maka Allah cabut rasa malu dari diri orang itu. Bila telah tercabut rasa malu dari orang itu maka tidak engkau dapati orang itu kecuali sangat keras dan kasar.
Bila begitu keadaannya maka akan dicabut rasa amanah dari orang itu. Lalu tidak engkau dapati ia kecuali sebagai pengkhianat.
Kalau sudah begitu akan dicabut rasa kasih sayang dari dirinya. Maka tidak engkau dapati ia kecuali terkutuk.
Kalau sudah begitu akan dicabut tali-tali Islam dari dirinya.” (HR. Ibnu Majah)

Saya tidak setuju dengan pihak-pihak yang menolak rencana KPK ini dengan mengatasnamakan HAM.Saya rasa itu hanya omong kosong dari orang-orang yang kelihatanya ‘pinter’ dan mengagung-agungkan HAM tapi tidak peduli dengan asas persamaan di mata hukum bagi seluruh warga negara tanpa pandang bulu.

Kalau maling ayam saja begitu ditahan langsung dipakaikan baju tahanan apalagi ini kasus korupsi-suatu tindakan yang jauh lebih sadis dari apa yang dilakukan Ryan.Kalau korban kekejaman Ryan ada 11 orang maka korban kekejaman para koruptor ini adalah seluruh lapisan bangsa dengan penduduk 220 juta jiwa ini.

Kembali soal desain baju koruptor,pagi ini ICW menyerahkan 8 desain baju khusus untuk para koruptor.Berikut ini beberapa diantara baju hasil desain ICW ;

Dan ternyata KPK tertarik dengan desain baju zebra.!!hmmm,…..boleh juga tuh.Jadi ingat film-film koboi zaman dulu dimana para bandit ditahan dipenjara memakai baju tahanan motif garis-garis (zebra)🙂 .Yeah,….Maju terus KPK,aku mendukungmu!

Apapun pilihan finalnya nanti,baju khusus koruptor harus mencolok,lain dari yang lain dan menampilkan efek “shame on me” bagi para koruptor.

Bahkan ICW juga mengusulkan bajunya terbuat dari bahan yang panas.weuw…..

5 Tanggapan

  1. Saya rasa mereka akan tetap saja cengar-cengir memakai baju itu…toh nantinya hanya akan ngendon 2-3 tahun (sebelum remisi) di ‘penjara’ dengan fasilitas yang nyaman. Begitu keluar, orang-orang juga sudah lupa dengan kesalahan mereka. Dasar orang Indonesia, kenapa kok lebih suka memfokuskan diri pada hal-hal yang lahiriah. Karena nggak becus nangkepin buronan (Adelin Lis, pengusaha pengemplang BLBI) atau mengambil balik kerugian negara, ya bisanya cuma mendesain baju seragam…🙄

    Kata Saya ;Sebenarnya KPK tidak hanya fokus ke baju kok Pops.Saya yakin KPK tetap sadar apa tugas utamanya.Masalah baju hanya satu dari berbagai upaya KPK membuat kesan bahwa koruptor emang sampah masyarakat.
    Kalau saya pribadi sih merasa KPK malah kurang galak.Kalau perlu seorang terpidana kasus koruptor harus diumumkan ke masyarakat lewat media massa (tv,cetak,radio & internet).Disiarkan langsung di seluruh tv nasional.”Hai rakyat Indonesia ini loh koruptor kita”.Jadi biar rakyat bisa tahu dan bisa belajar.Lagian itu lebih baik daripada rakyat kita hanya dicekoki gosip seleb yang gak penting dan sinetron murahan perusak otak.
    Kalau perlu si koruptor di pajang di bunderan HI tuh biar jadi tontonan orang biar punya malu dikit.Terus dihukum mati dan di ‘dor’ di depan umum deh.Sadis?tapi emang pantes buat mereka.Kalau perlu,buat istri dan anak koruptor dikasih baju juga “keluarga koruptor”.Untuk yang terakhir itu karena saya lagi emphet lihat anaknya Aulia Pohan,si Anisa Pohan yang cengangas-cengenges jualan sampo di TV.Apa gak malu punya bapak yang tersangkut kasus korupsi?plus saya juga udah eneg lihat SBY yang gak tegas sama status hukum besannya sendiri.
    Soal belum bisanya menangkap Adelin Lies,yah kita doakan dan support KPK saja Pops.Kalau mau dihitung kasus yang harus ditanganai KPK amat sangatlah banyak.Jadi gak bisa sekaligus sapu bersih semua koruptor ketangkep.
    Ibarat kata,ayam yang lepas ada 100.KPK baru nangkep 10 yah kita dukung lah KPK.Jangan malah KPK diusir tar malah ayam kita yang 90 gak balik lagi.
    Lah kok malah ngomongin ayam ya?

  2. Baju koruptor model diatas sepertinya standar sekali karena banyak digunakan oleh teknisi pesawat terbang atau bengkel mobil.

    Alangkah baiknya jika diberi corak “lidah api” berbahan panas atau tebal (merasakan tidak nyaman).
    yang dirasakan masyarakat sekarang sedang menjerit serba kekurangan sedangkan keluarga koruptor sedang menikmati hasil korupsi.

    Koruptor itu jahat makan darah rakyat yang diharapkan ……… (minta keadilan atas perbuatannya yang pantas diberikan)

  3. yang namanya koruptor itu gak usah dikasih suatu keringanan atas perbuatan yang telah diperbuat olehnya… jadi kalo saran saya baju koruptor itu harus terbuat dari bahan yang panas (saya setuju sama yang post di atas saya) dan tidak nyaman/gatal-gatal.
    Trus di bagian punggung kasih suatu tulisan yang membuat malu si koruptor.

    namanya orang korup kan enak terus, gak pernah gak enak, jadi kasih si koruptor baju yang paaaaaling gak enak se-Indonesia.

  4. sekarang yang penting justru, sebenernya KPK salah tangkep ngga? klo misal salah tangkep, trus dihukum, dipermalukan kayak gitu, menurut saya kasian juga.. ada indikasi bahwa kpk masih tebang pilih menurut saya, karena praktik korupsi di negara kita selalu melibatkan banyak pihak, alias berjamaah.. harusnya masyarakat sekarang lebih menyadari siapa penjahat yang lebih bikin miskin negara, koruptor, ato cukong2 yang menguasai penjualan dan distribusi bahan bahan pokok…

  5. Percuma, percuma dan percuma, meskipun di buatkan design baju kek gitu,yang namanya koruptor yaa tetap koruptor-mereka akan JERA hanya dalam sel dan lingkungannya, tapi klo udah keluar, boro-boro insaf, mereka makin tambah kurang ajar.

    Gini aja, gimana kalau jitat mereka kita tatto semisal “THIEF” ato apa kek. terima kasih

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: