Olimpiade nih…(Indonesia ada di mana?)


Here comes the olympics.

Mari kita lupakan sejenak hiruk pikuk dan banyaknya masalah yang mendera bangsa ini.Yah,sekali-kali bolehlah kita melihat apa yang terjadi di luar sana.

Kapan terkahir kali anda ingat penyelenggaraan olimpiade sebelum ini?

Well,mungkin even ini tidak seterkenal World cup 2006,AFC Asian Cup 2007,Euro 2008,UEFA Champions league,World Cup 2010 mendatang atau even akbar sepakbola lainnya walaupun sebenarnya even Olimpiade jauh lebih besar baik dari segi jumlah olahraga yang dipertandingkan,negara peserta dan jumlah atlit yang berlaga.

Semalam saya iseng-iseng lihat Paranoia di JakTV.Di acara itu si pembawa acara yang juga seorang DJ iseng bertanya kepada clubbers yang hadir di sebuah party.Hasilnya bisa ditebak 8 dari 10 orang yang ditanya tidak tahu kalau mulai hari ini,08-08-’08 ada Olimpiade di Beijing.Mungkin itu juga gambaran umum masyarakat Indonesia.Masyarakat indonesia tahunya cuma kasus korupsi,mutilasi,BBM naik,kisruh pilkada,artis kawin cerai .Akh…malang benar nasib orang Indonesia ya.Tahunya hanya hal-hal yang bikin sumpek doang.🙂

Hanya berbagi info saja.Olimpiade kali ini adalah penyelenggaraan olimpiade ke 30 dan diadakan di Beijing.

Berikut adalah logo resminya

Untuk penjelasan mengenai arti dari logo ini silahkan baca sendiri di sini.

Dan ini adalah maskotnya ;

Ke 5 maskot ini disebut fuwa terdiri dari si ikan Beibei,si panda Jingjing,si api Huanhuan,si antelope tibet Yingying dan si burung walet Nini.Penjelasan lengkapnya baca saja di sini.

Acara pembukaan akan di adakan di Olympic stadium yang megah yang disebut-sebut ‘bird nest’ alias sarang burung karena memang exteriornya terlihat seperti sarang burung.what a great design.

hmm….kapan ya Indonesia punya stadion seperti ini?.Untuk arsitek Indonesia,kalau buat stadion baru yang inovatif dikit lah jangan bikin stadion yang dari luarnya terlihat kayak gedung kantor pemda atau ruko murahan.(contoh : Jakabaring-palembang,Palaran-kaltim, dan yang akan dibangun stadion Bung Tomo-Surabaya dll) *memalukan.

Bagi yang masih penasaran dengan stadion di Beijing ini coba buka halaman ini.(warning : lot of ‘eye shocking’ pictures and please notice that was only a rehearsal fireworks !!!).

Kembali soal Olimpiade,sebenarnya bagaimana dengan posisi Indonesia di kancah Olimpiade ini?

Sebagai bangsa berpenduduk 220 juta jiwa lebih,Indonesia belum mampu banyak bicara di Olimpiade.Indonesia masih ‘terbelakang’ dalam hal ini.

Soal prestasi,Indonesia masih kalah dibanding negara-negara Asia lainnya.Berdasarkan hasil Olimpiade Athena 2004 Negara kita hanya mampu mendulang 1 emas dan duduk di posisi 48.Jauh dibawah negara-negara asia lainnya seperti Cina,Jepang,Korsel,Taiwan,Iran,Usbekistan,Kazahstan bahkan Thailand yang berhasil duduk di posisi 25.Untuk raksasa asia seperti Cina,Jepang dan Korsel kita bisa maklumi lah tapi kalau Indonesia bisa kalah dari negara yang lebih kecil dan penduduk yang lebih sedikit seperti Thailand.Hmm..pasti ada yang salah dengan bangsa ini?

Soal penyelenggaraan,Indonesia lebih terpuruk lagi.Indonesia mungkin masih belum ada di ‘peta’ calon tuan rumah penyelenggaraan Olimpiade.Lain halnya dengan Bangkok atau KL yang begitu agresif menawarkan diri menjadi tuan rumah.Mereka sudah tidak berminat untuk even-even ‘kecil’ dan kelas kampung seperti asian games apalagi Sea Games.Sebagai catatan Bangkok sempat maju menjadi calon tuan rumah Olimpiade 2016 walau akhirnya harus gugur karena kalah bersaing dengan Chicago,Madrid,Tokyo dan Rio de janeiro.

Saya yakin negara-negara seperti Malaysia dengan KL dan Thailand dengan Bangkoknya sangat peduli dengan martabat dan imej negara mereka di mata dunia.Mereka punya nation dignities yang besar.

Lah kalau Indonesia?Boro-boro Olimpiade atau Asian Games,petinggi-petinggi kita mungkin masih berpikir di level PON.*Mengenaskan.

Tapi memang harus diakui bahwa infrastruktur olahraga di Indonesia masih sangat menyedihkan dan jauh dari standar internasional.Akan tetapi seharusnya hal itu tidak menjadi penghalang bagi kita untuk mengangkat martabat bangsa ini lewat olahraga.

Kalau keadaanya terus seperti saat ini,sebenarnya ada di mana posisi Indonesia di mata dunia ?

* Perkembangan olimpiade beijing 2008 bisa dipantau lewat TVRI
(satu-satunya official TV broadcaster untuk Olimpiade 2008 di Indonesia)

2 Tanggapan

  1. pertamax maning………
    ma….indonesia tetap no 1 untuk koruptornya…untuk olahraganya seperti yang kamu tulis…masih jauh dari prestasi

    peace……xjai

    Kata Saya
    ; iya nih,selain bulutangkis yang juga masih harus gulung koming melawan China,Malaysia,Denmark & Korsel,Indonesia masih lemah di cabang-cabang lain.Btw,bravo untuk angkat besi yang bisa menyumbangkan 2 perunggu.
    Semoga cabang-cabang yang lain bisa menyumbangkan medali.Kalau tidak,berarti memang Indonesia masih berada di level nonton bareng n totoan bareng.🙄

    peace..salam exjai juga😆

  2. maaf anda hanya akan menambah rusak bangsa ini ,,, jangan hanya banyak omong kurangin lah tipu mulutmu itu .. terima kasih

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: