Pilkada Jatim 2008 : Pilih Mana Ya?


Pesta demokrasi bagi rakyat Jawa Timur akan berlangsung tanggal 23 Juli 2008 mendatang.Nama-nama pasangan calon gubernur dan wakil gubernur beserta dengan nomor urutnya pun sudah ditetapkan secara resmi oleh KPUD.Dari sekian nama yang muncul sebagai calon pemimpin jawa timur untuk periode 2008-2013 mendatang saya tidak melihat munculnya wajah-wajah baru yang akan membawa angin segar bagi rakyat Jawa Timur.Alih-alih memimpikan angin perubahan melalui hadirnya tokoh-tokoh muda,rakyat Jawa Timur disuguhi pilihan dengan hadirnya muka-muka lama yang sudah tak asing lagi dalam kancah perpolitikan daerah maupun nasional.

Orang Jawa Timur boleh iri kepada orang DKI Jakarta dan Jawa Barat yang dalam pilkadanya mengusung muka-muka baru yang menjadi harapan terwujudnya suatu perubahan.Terlebih lagi dengan rakyat Jawa Barat yang berhasil menempatkan tokoh-tokoh muda seperti Ahmad heryawan & Dede Yusuf menjadi pasangan Gubernur & Wagub .Terlepas dari kharisma Dede Yusuf sebagai pesohor akan tetapi hal ini mencerminkan bagaimana rakyat Jawa Barat mendambakan perubahan lewat hadirnya tokoh-tokoh muda.Walaupun performa tokoh-tokoh muda juga perlu dibuktikan seiring dengan berjalanannya waktu akan tetapi semangat mengusung wajah-wajah baru yang fresh inilah yang menjadi point penting.

Harus diakui Jawa Timur amatlah berbeda dengan DKI,Jabar maupun Jateng.Jawa Timur adalah “markas besar”nya PKB dan PDIP jadi amat sangat sulit bila diharapkan muncul tokoh-tokoh pembaharu dari kelompok lain apalagi calon independen.Sedangkan dari PKB maupun PDIP belum berani muncul dengan wajah-wajah baru.Malah PDIP mengusung mbah Tjip (Soetjipto) yang sudah sering ‘berlaga’ di Senayan.

Padahal sejatinya,Jawa Timur adalah ‘lumbungnya’ orang-orang hebat.Jadi sudah seharusnya Jawa Timur tidak kehabisan stok -orang muda hebat- yang mampu memimpin dan membawa kemajuan bagi propinsi ini.

Setelah melihat,menimbang dan menganalisa saya memutuskan untuk tidak menggunakan hak pilih saya pada pilkada Jatim mendatang alias Golput.Alasannya adalah :

  • Saya tidak melihat adanya calon yang punya visi kuat untuk membawa pembaharuan dan kemajuan bagi Jawa Timur.Hampir semua kandidat menjual ‘dagangan’ dengan kemasan lawas dan klise seperti mbelani wong cilik,memberantas KKN,bla…bla…bla…and that dont impress me much.Saya butuh sesuatu yang lebih konkrit,tidak absurd dan lebih visioner dalam memajukan Jawa Timur.
  • Males bolak-balik Jakarta-Surabaya hanya untuk ‘nyoblos‘.Berjuta-juta warga Jawa Timur yang mengais rejeki di Jakarta,Batam,Singapura,Malaysia,Hongkong dan di tempat-tempat perantauan lainnya hampir dipastikan setuju dengan alasan saya yang kedua ini.

Inilah Lima pasangan calon gubernur & wakil gubernur Jawa Timur 2008~2013 sesuai nomor urut yang sudah ditentukan KPUD ;

1. Khofifah Indar Parawansa-Mudjiono (12 parpol)
2. Sutjipto-Ridwan Hisjam (PDIP)
3. Soenarjo-Ali Maschan Moesa (Partai Golkar)
4. Achmady-Suhartono (PKB Gus Dur)
5. Soekarwo-Saifullah Yusuf (PD-PAN&PKS)

(merindukan Jatim bisa menyusul Sumut & Jabar ).He..he.. you know what I mean right?

2 Tanggapan

  1. Males bolak-balik Denpasar-Surabaya hanya untuk ‘nyoblos‘. Lagian pasti nanti tetep nyari makan di luar jatim😀. Pokoke Golput.

    Komen Saya ; iya mas apalagi musim liburan gini.Yang ada harga tiket pada naik semua.Tapi lebih dari itu,bagi saya pribadi kok pancen gak ada yang pantes dipilih.

  2. cialis lay unfastened

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: