Laskar Pelangi : (a bit hyperbolic) sweet childhood journey


Semoga belum telat membahas laskar pelangi karena sudah sebulan lebih sejak pertama kali membacanya.

– Akhirnya beli novelnya karena e-book hasil download-an tidak lengkap –

Bagi yang belum tahu tentang laskar pelangi dan ingin membaca sinopsisnya coba cek di wikipedia.Laskar Pelangi ini adalah Memoar yang dibuat berdasarkan pengalaman masa kecil Andrea Hirata di Belitong.

Di awal kisah laskar pelangi kita dibawa kepada kenangan hari pertama masuk Sekolah Dasar.Kita bisa merasakan suasana kegelisahan di pagi itu.Tergambar jelas kegalauan di hati para orang tua yang mengantar anaknya untuk masuk SD pertama kali dan kecemasan Bu mus (Guru) dan Pak Harfan (Kepsek) di hari pertama tahun ajaran itu karena mereka takut apabila murid yang mendaftar kurang dari sepuluh orang maka SD Muhammadiyah yang miskin dan kekurangan murid itu akan terancam tutup.

Suatu fenomena yang masih ada sampai saat ini.Puluhan tahun dari setting Laskar pelangi,di tahun 2008 ini masih banyak sekolah di penjuru negeri ini yang bernasib sama,miskin dan kekurangan murid.mengenaskan.

Kembali ke laskar Pelangi,

Novel memoar ini membawa kita menjelejahi masa kecil kesepuluh anggota laskar pelangi di sebuah desa di Belitong timur.Membacanya membuat kita ikut berpikir,tertawa sekaligus terharu,larut dalam empati dan mau tidak mau terpancing untuk me-recall kenangan kita sewaktu SD dulu.Memperkenalkan nama di depan kelas,teman sebangku,menyanyikan lagu perjuangan yang itu-itu saja di depan kelas,pemilihan ketua kelas,mengumpulkan prakarya, dan kejadian-kejadian tak terlupakan semasa SD lainnya.Laskar pelangi begitu indah menggambarakan masa-masa bersekolah di SD miskin di pedalaman Belitong dengan segala suka dukanya.

Novel ini begitu lihai mengajak pembacanya masuk dan mengikuti perjalanan hidup anggota laskar pelangi.Dengan gaya bahasa yang deskriptif kita bisa merasa dekat dan mengembara dalam setting kehidupan anggota laskar pelangi.Lihat saja bagaimana penggambaran tentang keadaan SD Muhammadiyah yang mirip gudang kopra.Tiang benderanya,loncengnya,atap sirapnya,dan poster Rhoma Irama sebagai penutup lubang di dinding papan ditambah dengan gaya bahasa yang terkadang satire membuat laskar pelangi menjadi berbeda dan lumayan menjadi angin segar setelah dominasi novel cerita-cerita ‘selangkangan’ dan so over rated chicklits.

Tokoh-tokoh dalam laskar pelangi pun sangat dekat dengan keseharian kita ,sangat ‘orang bisa’,sangat ‘hidup’ dan so inspiring tidak seperti tokoh-tokoh di sinetron Indonesia yang sudah tidak perlu dikomentari lagi tentunya.Dua diantara tokoh dalam laskar pelangi yang bisa dijadikan contoh adalah ;Lintang,si cerdas yang sangat haus akan ilmu walaupun berasal dari keluarga miskin.Bersepeda 40 km tiap harinya hanya untuk ke sekolah.Harus bersepeda sejak subuh untuk mencapai sekolah.Harus melewati rawa-rawa yang dihuni buaya yang siap mengancam nyawanya setiap saat.Bu Mus,seorang figur Guru yang sulit dicari di zaman sekarang ini.Sosok Guru handal yang rela mengabdikan dirinya mendidik anak-anak miskin di daerah terpencil.Bersahaja,mencerahkan,motivator handal,inspiratif dan bijaksana.Mungkin itulah yang bisa menggambarkan sosok Bu Mus.Pendek kata ,Novel ini menampilkan karakter-karakter yang unik dan dikisahkan dengan sangat menarik.

Satu lagi,Dalam Novel ini ada satu bab yang membuat saya lepas kendali dan ikut tertawa terpingkal-pingkal karena membacanya.Bab itu adalah ‘Kejahatan yang terencana’ ,yang menceritakan saat Ikal dan kawan-kawan di SD Muhammadiyah ikut lomba karnaval 17 Agustusan.okay,its a bit hyperbolic but it’s thrilling,shocking, and absolutely funny!

Well,sebagai sebuah produk buatan manusia tentu saja laskar pelangi juga memiliki kekurangan.berikut ini plus minus laskar pelangi menurut penilaian saya ;

plus;

  • mampu memberi inspirasi tentang pentingnya pendidikan,perjuangan dan semangat dalam menjalani hidup.
  • mampu memberi gambaran kepada masyarakat bahwa kehidupan itu bukan hanya ada bagi orang kaya saja atau bagi mereka yang ada di Jakarta saja.Bagi saya ini juga sebagai kritik bagi bacaan,sinetron,maupun film yang selalu berkisah tentang orang kaya dan bersetting di Jakarta.

minus;

  • Dalam beberapa bagian penggambarannya sangat hiperbolis.Salah satunya saat Ikal,Lintang dan Sahara ikut cerdas cermat.Bagaimana mungkin soal cerdas cermat SMP layaknya soal ujian TA bagi mahasiswa teknik.Belum lagi saat Lintang berdebat dengan salah satu Guru SMP PN.
  • Banyaknya istilah-istilah biologis dan nama ilmiah untuk penyebutan nama-nama tumbuhan dan hewan membuat saya membaca istilah-istilah tersebut sepintas lalu tanpa tahu artinya.
  • Ending cerita yang sedikit membingungkan.Si Penulis ini bercerita sebagai Ikal atau Syahdan?

Akhirnya,Saya memberi skor 8 7 (skala 10 ) untuk novel memoar karya Andrea Hirata ini.Bagi mereka yang membutuhkan hiburan yang inspiratif saya merekomendasikan membaca novel ini.

gambar diambil dari wikipedia

Anggota Laskar pelangi ;Lintang,Mahar,Trapani,Syahdan,Kucai,Borek,Sahara,A Kiong,Harun,Ikal ditambah Flo yang muncul belakangan.

14 Tanggapan

  1. mungkin mas perlu baca semua tetraloginya sehingga bisa paham akan keseluruhan cerita laskar pelangi.
    Tentang hiperbola memang a bit hiperbola tapi itulah jalan cerita yang mau disampaikan andrea pada novel pertamanya dimana laskar pelangi ( seri pertama tetraloginya ) adalah masa kanak – kanak dimana kita semua pada masa anak – anak memiliki khayalan yang sedikit berlebihan. Disitulah kita ingin dibawa andrea kealam masa kecil kita. Ini akan kita jumpai perbedaannya pada sang pemimpi yang sudah remaja dan edensor yang dewasa.
    Tentang nama ilmiah, kan ada glossarumnya dihalam terakhir, disana dijelaskan secara sedikit rinci makna kata – kata latin.
    Tentang ikal atau syahdan, itulah hebatnya Andrea, dia tidak memberitahu kita dari awal siapa ikal itu, sehingga bila kita tidak jeli maka kita akan menjadi bingung.
    Selamat terkesan akan laskar pelangi.

  2. Seeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeep!!!!!!!!!!!!!!!!!!
    Makanya…
    Baca semua bukunya…
    Jangan baca laskar pelangi ja…
    Kesan pertamaq juga rasanya ni novel biasa ja…
    Tapi liat lanjutannya dunk….
    Bewwww….

  3. sedari baca buku pertama sudah jatuh bangun he he he ( ingat masa kecil yang buandellll ) sang pemimpi, edensor, …………..
    tapi sayang maryamah karpovnya …………?

  4. Kmrin q udah nonton filmnya lucu dan terharu bgt salamin
    dong untuk pemeran Maharnya …………………………………

  5. menurut gw!! buku itu sebuah karya sastra…ga murni perjalanan hidup andrea dan teman2nya…jadi wajar donk kalo dibikin hyperbolis…itukan bukan biography murni.

    bahkan dlm sebuah wawancara Andrea mengakui ada bagian2 yang fiktif

  6. film’na bagusssssssss bgt
    banyak makna’na
    salam buat pemeran mahar.. hehe
    ^_^

  7. Buku ne sangat berkesan banget buat aku…
    Kalo diliat,jaman sekarang,novel2 kebanyakan jalan ceritanya ttng remaja n cinta.Kalo ne mah lain…Pokoknya novel ne TOP BGT!!!!

  8. informasinya dunk, friends…
    saya kan sebagai lulusan angkatan terakhir sebuah sekolah, jadi meski kemana ya kalau mau legalisir ijazah atau minta penggantian ijazah yang hilang? [hilangnya di luar negeri, dicari juga gak bakalan kelacak].

    salam:)
    maharprastowo.blogspot.com

  9. hiperbolic? not agree!!

    kadang aku seakan dibawa andrea kemasa kecilku.

    hal-hal sepele seperti memancing ikan, main lumpur, menangis gara-gara direbut kelereng, main enggrang, perang-perangan, dan banyak hal kecil lainnya, yang sekarang aku sadar, bahwa itu bisa berarti hal besar yang sulit dilupakan.

    bahkan lebih menyenangkan daripada Tornado ataupun Kicir-Kicir. sama sekali jauh lebih menyenangkan.

    nama-nama ilmiah? rasanya itu memang isi otaknya Andrea sekarang.cum laude gituuu. dan itu sah-sah saja.

    hiperbolic, jika masa kecil anda dihabiskan dengan PlayStation dan Sega-Saturn. anak orang kaya yang menyedihkan.

    Kata Saya: Dik Sai,(sory saya panggil dik.kelahiran ’85 kan ?) …begini,oke semua orang pasti setuju novel LP membangkitkan memori kita tentang masa kanak-kanak.Yang saya maksud hiperbolis itu terkadang Andis memasukkan unsur yang tidak realistis untuk masa itu.Seperti yang sudah saya bilang di postingan saya (kalau anda perhatikan lagi) contoh hiperbolis itu antara lain saat cerdas cermat yang mempertanyakan dan memperdebatkan tentang cincin newton.Karena pada kenyataanya,untuk tingkat SMP masih belum ada tuh pembahasan mendalam tentang cincin newton.Sory kalau salah,tapi seingat saya waktu SMP dulu untuk Fisika pembahasannya mentok di soal Momentum,Gerak lurus beraturan,gerakan sentrifugal dan hal-hal yang tidak seberat cincin newton.Jadi hiperbolanya bukan karena masalah saya akrab dengan PS atau Sega lantas saya menganggap permainan anak-anak yang ada di novel LP itu hiperbola.Malah seumur-umur saya belum pernah tuh main PS atau Sega selain nggak minat juga karena saya berangkat dari keluarga yang nggak kenal apa itu PS,apa itu Sega.

  10. oh itu toh.
    miss kayaknya.

    unsur ilmiah yang dimasukkan andis adalah ‘bumbu’ yang digunakan andis untuk menggelitik pembaca. kita yakin, anak sekecil itu pastinya jarang sekali yang tau fillicium. atau jenis-jenis kupu-kupu. dia memasukkan ilmu yang sekarang ada di otaknya pada tiap hal yang ia temukan dahulu.

    misal, fillicium. siapa yang sangka mungkin dulu cuma disebut ‘Beringin’ saja. sekarang, andis tau dan menggunakan fillicium pada novelnya. bukan beringin seperti yang biasa dulu ia dan teman-temannya biasa sebut.

    mengenai cerdas-cermat, saya sendiri lebih suka menganggapnya, “tipu daya andis dengan kata-kata”.
    benar atau tidak adanya cerdas cermat itu (mudah-mudahan memang ada), menganggapnya nyata lebih menyenangkan.

    seorang anak Superb Jenius mengalahkan guru PN Timah. mmm… lebih menyenangkan daripada seorang anak manusia terbang memakai kostum norak dengan kesalahan besar pada letak celana dalam.

    tentang PS, maaf kalo menyinggung. bukan maksud saya menyinggung anda. hanya sebuah kiasan.

  11. Sebelumnya saya adalah orang yg paling malas baca NOVEL, tapi lain halnya dengan laskar pelangi yg telah meneteskan air mata saya, karena kisah laskar pelangi adalah sebuah kisah yang mewakili sekian banyak penderitaan yang di alami oleh sekian banyak masyarakat pesisir dan pulau-pulau terpencil yang ada di indonesia. dan juga telah membangkitkan optimisme dan rasa percaya diri saya. Thanks To Bung Andre…

  12. itulah karya seni maha agung, dalam seni tidak ada batasan berimajinasi, tidak ada kata hiperbola, ya namanya juga NOVEL….. jika ada karya orang lain bisa membuat karya super dahsyat, kenapa tidak kita mencoba berbuat yang terbaik, jika memang kita tidak bisa, ya mari dengan legowo menikmati karya orang lain dengan mengakui bahwa ANDREA HIRATA memang jenius dalam karya-karyanya…

  13. Saya malah lom baca novelnya…nonton filmya ja, dah permaikan emosi.Terharu dan ngakak jadi satu…
    btw…this movie become my inspiration and also my spirit…
    kept going for study…😀

  14. kenangan betul walau berkali-kali menonton pun xpuas..tonton filem dari indonesia yang skripnya and gaya tuturnya mirip malaysia..tapi diakui sememangnya begitu menginsipirasikan seluruh ahli keluarga yang menonton..20-30 tahun dahulu hampir kenangan yang sama kami lalui bersama2 di sekolah rendah di malaysia(sekolah dasar).

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: