MoGe Boleh Masuk Tol?


** 20 Mei 2008 ; Enggak nyangka,konvoi moge yang menyalip bis yang saya tumpangi di tol Jakarta-Cikampek pada senin 12 mei 2008 kemaren salah satunya adalah alm. Sophan Sophiaan.**

Seperti biasa,Senin pagi tanggal 12 Mei 2008 Kemaren saya berangkat kerja menggunakan angkutan bis ‘Bela Utama’ Jurusan UKI-Karawang.Saya yang biasanya di perjalanan tidur-tidur ayam sambil menikmati hembusan AC merasakan ada sesuatu yang aneh pagi itu.Selepas exit Cikarang (Km 31) tiba-tiba saja jalan bis menjadi terhambat begitu juga kendaraan yang lain.Sontak para penumpang kaget melihat pemandangan yang tak biasa.Bunyi sirene meraung-raung dari arah kanan belakang seolah-olah menghardik kendaraan di depannya untuk segera minggir dan memberi jalan kepadanya.Sebuah pemandangan yang tak biasa terjadi sesaat setelahnya.Ratusan kendaraan roda dua ber-cc besar atau yang biasa disebut moge (termasuk harley davidson) merangsek memasuki jalur paling kanan membuat perjalanan pengguna jalan tol yang lain menjadi tersendat.Ya,moge saudara-saudara.Moge masuk tol dan jumlahnya bukan cuma 6 seperti yang terjadi di tol jagorawi kemaren.Tapi Senin pagi itu ada ratusan motor.Ya,ratusan coi.Ratusan moge lewat tol…………..cck..ck..ck……*geleng-geleng kepala.Sayang sekali saya tidak bisa mengambil gambarnya karena waktu itu kamera saya sedang dipinjam teman.oh sayang sekali.

Kalau selama ini moge masuk tol hanya jadi pergunjingan seperti disini tapi pagi itu saya melihat dengan mata kepala sendiri konvoi panjang moge selama hampir 20 menit.Waktu itu saya sempat berfikir “sejak kapan moge boleh masuk tol?”.Bukannya Agung Laksono baru saja memberikan klarifikasinya disini bahwa moge tidak boleh masuk tol atau memang undang-undang yang baru yang mengizinkan moge masuk tol sudah disahkan?.

Yang saya sesalkan adalah konvoi moge tersebut membuat kemacetan yang amat panjang menjelang exit Karawang Barat (Km 46) karena kebetulan konvoi tersebut keluar di pintu tol Karawang Barat.Banyak karyawan baik yang menggunakan bis umum maupun bis khusus karyawan menjadi terlambat sampai di tempat kerja.Satu lagi yang bikin miris,mereka mengambil jalur paling kanan.Di Malaysia atau singapura yang memperbolehkan moge masuk tol pun moge harus tetap berada di jalur paling kiri.

Tapi saya hanya bisa mengelus dada karena sejatinya para pengendara moge tersebut adalah orang-orang terpandang,berpendidikan dan bukan orang sembarangan tapi selalu saja bikin para pengguna jalan yang lain menjadi terdzalimi baik di jalan biasa maupun (kini) di jalan tol.

Konvoi moge tersebut terbagi 2 kelompok.satu kelompok mengenakan jaket merah yang kelihatannya peserta dan kelompok lainnya mengenakan jaket kuning yan bertuliskan polisi di belakang jaketnya.Yap tertulis jelas p-o-l-i-s-i.Jadi konvoi itu pun merupakan konvoi resmi yang mendapat pengawalan polisi.Lalu bagaimana dengan berita yang ada di detik.com ini?.mbuh wes.opo jare.aku gak melok-melok.

Masih mengenai konvoi tersebut,di jaket para pengendara moge tersebut dan di mobil official Suzuki APV yang sepertinya ikut mensponsori konvoi tersebut terdapat sticker bertuliskan ‘Jalur merah putih‘.Selidik punya selidik ternyata konvoi tersebut adalah acara untuk memperingati 100 tahun kebangkitan nasional.Well it sounds so nice and patriotic.Tapi,that dont impressed me much.Perlu tindakan yang lebih kokrit dalam menghadapi keterpurukan bangsa ini.Lebih dari sekedar keliling pulau Jawa.Deru knalpot dan gemuruh suara moge yang gahar tidak bisa mengalihkan pikiran saya maupun wong cilik lainnya di seluruh penjuru Indonesia yang masih bingung dan ketar-ketir menghadapai rencana kenaikan BBM.Gak katene mikir sing aneh-aneh,Cak.Lha wong mangan ae susah.Apalagi kita tahu harga moge sangatlah muahal dan yang punya pasti bukanlah orang miskin seperti saya ini.byuh..byuh…makin nelongso hati ini.

Bagi peserta konvoi yang kebetulan membaca postingan saya ini.Saya ucapkan selamat dan saya doakan semoga sesampainya kembali di Jakarta membawa manfaat dan tujuan mulia dari diadakannya acara ini bisa terwujud.

Tapi ada satu hal yang ingin saya tanyakan (harap maklum kalau saya belum tahu) apa benar moge sudah boleh lewat tol? ”

*Berdasarkan artikel ini.saat tulisan ini di muat diperkirakan rombongan konvoi jalur merah putih sedang dalam perjalanan dari Kediri ke Jogja.

Update 19 May ’08 :

1.Menurut keluarga di Surabaya.Rombongan ini juga melewati jalan Tol Surabaya-Waru yang kebetulan di samping rumah🙂.Jadi,apakah moge sudah benar-benar boleh melewati jalan tol?

2.Innlailahi wa inailaihi roji’un.Turut berbela sungkawa atas meninggalnya salah satu rombongan konvoi moge ‘jalur merah putih’ aktor sekaligus politikus Sophan Sophiaan pada sabtu 17 Mei 2008 (hari yang sama postingan ini dibuat).Semoga amal dan ibadah almarhum diterima oleh Allah SWT.Aamin ya robbal alamin.

3.Kebetulan malam minggu s/d minggu siang (18 Mei 2008) saya berada di Bintaro.sedang berada di tempat saudaranya kabogoh.Mau mencari Jl. Garuda V rumah alm. Sophan Sophiaan tapi enggak tau jalannya.

Tinggalkan Balasan

